Dalam bisnis pulsa, arti downline adalah orang yang kita rekrut/daftarkan untuk dijadikan Bawahan kita untuk bersama-sama menjual pulsa dari salah satu Server Pulsa tertentu. Biasanya kebanyakan Master Dealer mencari downline sebanyak-banyaknya dengan harapan dapat mempunyai bonus komisi yang lebih besar.

Karena setiap master dealer akan mendapat bonus untuk tiap transaksi yang di lakukan oleh downline, besarnya bonus tergantung dari selisih harga / markup yang di tentukan. Besarnya bisa di setting bebas, semakin tinggi selisih harga yang anda berikan, semakin tinggi pula komisi yang anda dapatkan. tapi sangat disarankan agar selisih harga tidak terlalu besar, agar jaringan anda bisa berkembang, dan harga yang didapat downline tidak terlalu tinggi.

Merekrut Downline dalam bisnis pulsa bukanlah keharusan, anda tetap bisa berjualan pulsa elektrik tanpa mempunyai satu downline pun. Sistem downline pada bisnis pulsa hanyalah fitur tambahan bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain berjualan pulsa eceran. Dan anda juga bisa mendaftarkan downline tanpa markup harga, artinya harga yang anda dapatkan sama dengan downline anda namun anda tidak mendapatkan komisi dari setiap transaksinya.

Contoh perhitungan komisi dari Downline:

Level 0 = POSISI ANDA DISINI PALING TINGGI
Anda memiliki 30 Downline dengan posisi masing masing anda daftarkan pada Level 10, artinya anda markup harga Rp.100 dari setiap downline.
dan di rata-rata setiap downline melakukan 10x transaksi per hari. maka perhitungannya adalah :

LEVEL = TOTAL DOWNLINE x JUMLAH TRX x SELISIH HARGA
LEVEL 10 = 30 x 10 x 100 = Rp.30.000 /hari
Jika dalam sebulan berarti Rp.30.000 x 30 = Rp.900.000 /bln